Kebiasaan Di Bawah Ini Bisa Menyebabkan Keuangan Anda Berantakan

Pernahkah Anda mengalami uang habis, sedang gajian masih lama? Pernahkah ketika ada keperluan mendesak sedang uang di tabungan makin menipis? Hal tersebut bisa terjadi kepada siapa saja, baik yang mempunyai gaji tinggi maupun pas-pasan. Sebab yang menentukan cukup atau tidaknya pendapatan kita adalah gaya hidup. Namun ada lagi yang menyebabkan keuangan kita seringkali berantakan. Di bawah ini beberapa sebabnya.

1. Tidak mempunyai pencatatan keuangan
Hilangkan rasa malas Anda mencatatkan segala kebutuhan sehari-hari. Sebab catatan itu yang akan menjadi panduan Anda dalam mengeluarkan uang untk kebutuhan Anda. Cobalah untuk komitmen. Lupa, malas atau bahkan tidak mempunyai catatan keuangan inilah yang menjadi penyebab keuangan Anda menjadi berantakan. Bahkan mungkin Anda tak tahu kemana dan kapan uang itu dibelanjakan.

2. Kurangnya persiapan
Kira-kira sesering apa kondisi darurat bisa Anda alami? Yang namanya darurat tentu tak akan sering teralami. Namun meski begitu, Anda tidak boleh terlena karena itu. Tidak adanya persiapan terhadap kondisi darurat ini sering membuat keuangan kita jebol. Buatlah tabungan darurat, sehingga ketika tiba-tiba Anda membutuhkan, Anda sudah mempunyai persiapan dan tak harus mengambil jatah dari pos kebutuhan lainnya.

3. Kebiasaan yang kurang berguna
Kurangi kebiasaan kurang berguna yang membuat kantong Anda menipis di tengah bulan, seperti merokok atau terlalu sering traveling. Uang yang Anda belanjakan untuk rokok alangkah lebih baiknya ditabung. Dan rencanakanlah traveling dengan baik, jangan asal ikutan trip yang judtru menguras kantong.

4. Tidak bijak menggunakan kartu kredit
Hati-hati bagi pengguna aktif kartu kredit. Anda harus benar-benar mempertimbangkan jika ingin menggunakannya untuk belanja. Jangan sampai tiba-tiba over limit dan menjadi tanggungan Anda selanjutnya. Kejadian yang jamak terjadi ini adalah salah satu penyebab kacaunya keuangan Anda. Berhati-hatilah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *