belanja online aman

5 Tips Berbelanja Online dengan Aman

Siapa yang belum pernah berbelanja online? Mungkin sebagian besar di antara kita sudah pernah melakukannya. Betapa sekarang segalanya terasa mudah dengan adanya internet dan kemudahan yang mengiringinya, termasuk juga toko online yang semakin menjamur.

Lalu bagaimana cara agar Anda tetap bisa berbelanja online dengan aman dan nyaman? Berikut ini 5 tipsnya.

1. Kenali dan pilih produk dengan teliti

Ketika Anda ingin membeli suatu prosuk, maka kenalilah produk itu dengan baik. Carilah review dari orang-orang yang telah memakai sebelumnya. Jangan sampai Anda termakan iklan dan ikut-ikutan membeli produk hanya karena sedang hits tapi anda sendiri kurang membutuhkan atau tidak sesuai dengan budget yang ada.

Teliti juga, jangan sampai produk yang Anda beli adalah produk palsu karena harganya lebih murah.

2. Pilih situs belanja yang terpercaya

Situs terpercaya adalah bagian terpenting saat Anda memutuskan untuk berbelanja online. Sebab situs yang terpercaya dengan sendirinya telah tergaransi oleh reputasinya. Sekali produknya tidak bagus atau terjadi penipuan, maka mereka yang akan kerepotan sendiri dengan reputasi baik yang telah dibangun sekian lama.

3. Pastikan penjualnya mempunyai reputasi yang baik

Meskipun Anda sudah berbelanja di situs yang terpercaya, tapi tetep saja memilih seller yang baik dan terpercaya wajib dilakukan. Hal itu untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tak diinginkan.
Carilah review dan rating tinggi yang diberikan para cudtomer kepada seller tersebut, sebelum Anda memutuskan untuk membeli produknya.

4. Gunakanlah rekening bersama

Menggunakan rekening bersama adalah langkah terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan uang Anda dan menghindari penipuan. Sebab dengan sistem rekening bersama ini, uang yang ditransferkan tidak akan sampai ke penjual apabila barang yang dipesan belum sampai ke tangan Anda.

Sebaliknya, jika barang tersebut tak kunjung sampai ditangan pembeli, maka Anda berhak mendapat uang pembayarannya kembali.

5. Simpan bukti transaksi

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah menyimpan bukti transasi. Bukti itu bisa menjadi alat jika terjadi penipuan maupun salah kirim. Simpan baik-baik hingga proses transaksi jual beli tersebut selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *