mengatur anggaran hobi

5 Tips Hemat Atur Anggaran Buat Hobi

Anda mungkin salah satu orang yang memiliki hobi mahal dan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar. Bisa jadi Anda rutin bepergian ke Bali atau Nias, hanya untuk sekadar mengejar ombak dan menghabiskan waktu bermain selancar di sana. Semua ini merupakan hobi yang menyenangkan dan tentunya cukup mahal dan bisa membuat saldo tabungan berkurang dengan cepat.

Nah, agar bisa menjalankan hobi yang Anda sukai, simak beberapa langkah berikut ini untuk mengatasi masalah biaya pada hobi mahal Anda.

1. Temukan Diskon atau Promo Terbaik

Kemajuan teknologi memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan informasi terkini dan paling akurat, termasuk ketika akan berbelanja. Ada banyak sekali situs/toko online terpercaya yang bisa Anda kunjungi ketika membutuhkan sesuatu terkait dengan hobi, misalnya peralatan golf dan yang lainnya.

Dengan begitu, Anda akan memiliki kesempatan yang sangat luas untuk bisa mencari dan menemukan penawaran dan diskon terbaik untuk hobi Anda tersebut.

Hal ini juga berlaku ketika Anda membutuhkan sesuatu terkait dengan hobi dan Anda mendatangi toko offline. Tidak ada salahnya menanyakan secara langsung penawaran menarik apa yang mereka miliki untuk Anda.

Jika beruntung, bisa saja Anda mendapatkan kebutuhan dengan harga yang jauh lebih murah dari biasanya. Dengan begitu, Anda bisa berhemat cukup banyak ketika membelinya.

2. Ingat, Utamakan Kualitas

Barang yang dijual dengan harga mahal tentu memiliki kualitas yang baik. Namun, bukan berarti barang yang dijual lebih murah selalu memiliki kualitas yang buruk, bukan?

Jika ternyata kondisi keuangan memang tidak memungkinkan untuk membeli barang yang mahal, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan hal ini. Cari dan temukan barang yang memiliki kualitas mumpuni, tapi dijual dengan harga yang terjangkau. Belilah barang-barang yang baik dan sesuai dengan kebutuhan dan yang pasti sesuai dengan kemampuan keuangan Anda juga.

3. Batasi Informasi Terkait dengan Hobi Anda

Membaca atau menonton berita yang terkait dengan hobi, tentu tidak ada salahnya. Namun, jika Anda memiliki kebiasaan yang cukup buruk di mana sulit menahan keinginan untuk membeli dan memenuhi semua kebutuhan hobi dengan segera, ada baiknya Anda membatasi diri terkait dengan berbagai informasi hobi Anda tersebut.

Hindari website, media sosial, atau bahkan majalah yang memuat informasi tersebut sehingga Anda bisa mengerem keinginan untuk mengeluarkan dana yang pada dasarnya tidak begitu dibutuhkan.

4. Hindari Manjakan Diri dengan Gaya Hidup Tak Terkendali

Tidak perlu selalu memenuhi keinginan Anda untuk memiliki atau membeli berbagai barang yang mahal dan menghabiskan banyak uang. Sesekali Anda juga bisa membatasi diri untuk melakukan hal ini agar bisa membelanjakan uang untuk berbagai kebutuhan lainnya yang paling penting untuk dipenuhi.

Selalu prioritaskan uang Anda untuk berbagai kebutuhan pokok. Dengan demikian, Anda tidak memiliki kesempatan untuk selalu menghamburkannya untuk berbagai keperluan yang tidak wajib Anda penuhi tersebut.

5. Bergaul dengan Komunitas yang Tepat

Anda tentu paham bahwa lingkungan akan sangat memengaruhi pola pikir dan juga perilaku, termasuk cara Anda mengelola keuangan. Untuk itu, upayakan agar Anda bergaul dengan komunitas dengan minat/hobi yang sama, tapi tetap memiliki kontrol yang baik terhadap minat tersebut.

Jangan sampai Anda terjebak dalam komunitas yang justru membuat Anda semakin konsumtif terhadap minat/hobi Anda tersebut.

Sumber: cermati.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *